Asah Kemampuan Melayani, PTSP Sungai Raya Kembali Melaksanakan Roleplay

Sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan kepada para petugas PTSP, Rabu 2 November 2022 PA Sungai Raya kembali melaksanakan roleplay. Roleplay yang memang sudah menjadi agenda rutin setiap bulan ini menjadi puncak dari kegiatan Sharing Session yang telah rutin juga dilaksanakan setiap minggunya. Hampir sama dengan roleplay, sharing session juga diikuti oleh para petugas PTSP beserta para mentor yang meliputi para pimpinan, para hakim dan para pejabat di kepaniteraan. Sharing Session yang lebih banyak bersifat pemberian masukan dalam pelayanan, materi pelayanan serta teknik pelayanan kemudian divisualisasikan dalam bentuk roleplay guna melihat sejauh mana penerapan materi atau tehnik tersebut dilaksanakan oleh para petugas PTSP.

Hari ini, giliran Fitri Yudha, S.H., sebagai Petugas Penyerahan Produk Pengadilan yang menjadi pelaku utama dalam kegiatan roleplay. Meskipun ini hanya merupakan roleplay, akan tetapi kegiatan ini selalu dibuat senyata mungkin sebagaimana kondisi pada saat benar-benar melayani para pihak yang datang di Pengadilan Agama Sungai Raya. Kegiatan dimulai dari awal saat pihak yang diperankan oleh, Ihsan Mahdi, S.H., datang ke Pengadilan Agama Sungai Raya yang langsung diterima oleh satpam kemudian menyatakan maksudnya untuk mengambil salinan penetapan. Pihak kemudian diberikan nomor antrian serta dipersilahkan untuk duduk dan menunggu di ruang tunggu yang telah disediakan. Berbekal 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) kemudian petugas penyerahan produk memanggil dan mulai memberikan pelayanan kepada pihak tersebut.

Di tengah kegiatan, Humayni Fadli, S.H., M.H. sebagai Juru Sita Pengganti dan Kasir PTSP PA Sungai Raya selaku pemateri roleplay memberikan sedikit penjelasan kepada petugas penyerahan produk untuk sedikit membangun komunikasi dua arah semisal dengan menanyakan kabar, atau hal lain yang bisa membuat pihak yang dilayani menjadi semakin nyaman. Pemateri juga tidak lupa mengingatkan kepada petugas penyerahan produk, apabila pihak sudah mendapatkan pelayanan untuk dapat diarahkan serta membantu pihak mengisi survey pelayanan serta survei Indeks Persepsi Korupsi yang sudah disiapkan di ruang tunggu PTSP.

Kegiatan ditutup dengan yel-yel Pelayanan PTSP Sungai Raya, “Pengadilan Agama Sungai Raya Menanjak, Melayani Dengan Bijak dan Sepenuh Hati” (BOND)

Hits: 68

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook
Twitter
YouTube
Instagram
× ARWANA Chat