Sejarah

Dalam rangka pemerataan kesempatan memperoleh keadilan dan peningkatan pelayanan hukum kepada masyarakat demi tercapainya penyelesaian perkara dengan sederhana, cepat, dan biaya ringan maka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2016 tertanggal 26 April 2016 dibentuklah 25 Pengadilan Agama baru yang salah satunya adalah Pengadilan Agama Sungai Raya.

Pengadilan Agama Sungai Raya beserta 57 Pengadilan dari 4 lingkungan peradilan dibawah Mahkamah Agung RI, terhitung mulai tanggal 22 Oktober 2018 diresmikan operasionalnya oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H yang dipusatkan di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi utara.

Beberapa hari selepas diresmikan tepatnya tanggal 26 Oktober 2018, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H. langsung melantik para Wakil Ketua Pengadilan Agama yang baru, yakni dari Pengadilan Agama Sungai Raya, Pengadilan Agama Singkawang dan Pengadilan Agama Nanga Pinoh di Aula Pengadilan Tinggi Agama Pontianak. Selanjutnya para Wakil Ketua Pengadilan Agama yang baru secara bergantian melantik para pejabat Hakim, pejabat fungsional dan pejabat struktural ditempat yang sama.

Berikut daftar pejabat yang dilantik untuk Pengadilan Agama Sungai Raya :

NO. NAMA JABATAN
1 Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin, S.H.I., S.H. Wakil Ketua PA Sungai Raya
2 Mawardi, S.Ag.,M.H.I. Hakim
3 Mardha Tillah, S.H.I. Hakim
4 Nurhasan, S.H.I. Hakim
5 Mustafa, S.H. Panitera
6 Galih Triatmojo, S.E. Sekretaris
7 R. Ilyas, S.Ag. Panitera Muda Gugatan
8 Etha, S.H. Panitera Muda Permohonan
9 Hamdani, S.Ag., S.Pd. Panitera Muda Hukum
10 Herry Andrianto, S.T. Kasubbag Umum & Keuangan
11 Hardiyanto, S.Kom. Kasubbag Kepegawaian & Ortala

Setelah seluruh pejabatnya dilantik, terhitung mulai tanggal 1 November 2018, Pengadilan Agama Sungai Raya sudah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya melayani masyarakat pencari keadilan yang mencakupi wilayah hukumnya di Kabupaten Kubu Raya dengan berkantor sementara di rumah dinas Camat Sungai Raya di Jalan Adisucipto Gang Bambu Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Pengadilan Agama Sungai Raya secara resmi telah memiliki Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya pertama kali sejak terbentuknya. Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin, S.H.I., S.H. yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak pada tanggal 23 Mei 2019.

Sebelum terbentuk, wilayah Kabupaten Kubu Raya masuk dalam wilayah hukum Pengadilan Agama Mempawah.

Hits: 878

Facebook
Twitter
YouTube
Instagram
× ARWANA Chat