Jelang Pelaksanaan Eksaminasi, Hakim Pengadilan Agama Sungai Raya Kompak Mengikuti Sosialisasi

Jum’at (20/05), Ketua, Wakil dan seluruh Hakim Pengadilan Agama Sungai Raya kompak mengikuti sosialisasi pelaksanaan eksaminasi putusan Hakim Peradilan Agama Tahun 2022. Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Ditjen BADILAG melalui aplikasi Zoom Meetings.

Kegiatan sosialisasi pelaksanaan eksaminasi diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, hymne Mahkamah Agung serta pembacaan tilawatil Qur’an. Selanjutnya Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., Dirjen BADILAG, memberikan sambutan dan motivasi terkait pelaksanaan eksaminasi ini. Pertemuan virtual yang diikuti oleh seluruh satker tingkat pertama di lingkungan Peradilan Agama tersebut menghadirkan YM Dr. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag., Direktur Pembinaan Teknis Badan Peradilan Agama, dan Aminuddin Bukhary Harahap, S.Kom. sebagai narasumber.

Berbeda dengan pelaksanaan eksaminasi tahun lalu, eksaminasi putusan tahun 2022 mengikutsertakan seluruh Hakim tingkat pertama sebagai peserta dan seluruh Hakim tingkat banding sebagai eksaminator. Masing-masing putusan akan dieksaminasi oleh 1 Hakim tingkat banding dalam wilayah hukum yang membawahi satker peserta dan 2 Hakim tingkat banding secara acak dalam wilayah hukum lain se-Indonesia.

Pelaksanaan eksaminasi terjadwal akan memakan waktu kurang lebih tiga bulan. Pemilihan dan penguploadan berkas perkara oleh peserta akan dilaksanakan pada 16 s.d. 31 Mei 2022. Dalam satu hari di kurun waktu tersebut pula BADILAG menyelenggarakan sosialisasi kepada peserta. Adapun sosialisasi penilaian kepada Hakim Tinggi eksaminator akan diselenggarakan tiga hari berselang setelah pengumpulan berkas oleh peserta berakhir. Para eksaminator akan diberikan tenggang waktu dua bulan yakni sejak 6 Juni s.d. 6 Agustus 2022 untuk melakukan penilaian. Hasil eksaminasi akan diumumkan pada 12 Agustus 2022.

Sosialisasi pelaksanaan eksaminasi putusan diikuti secara antusias oleh seluruh peserta yang hadir. Berbagai pertanyaan seputar materi dilontarkan oleh peserta kepada narasumber. Di akhir sesi, BADILAG menghimbau kepada para peserta untuk bergabung dalam grup telegram yang telah disiapkan secara khusus untuk update informasi seputar pelaksanaan eksaminasi. (SF)

Hits: 92

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook
Twitter
YouTube
Instagram
× ARWANA Chat