Bentuk Dukungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Terhadap Keberadaan PA Sungai Raya

Sungai Raya | Selasa, 30 April 2019

Pemerintah Kabupaten sangat memberikan atensi terhadap terbentuknya Pengadilan Agama di wilayah Kubu Raya. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kubu Raya dalam memberikan sambutan pada acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Sungai Raya, Selasa (30/4) di halaman kantor Pengadilan Agama Sungai Raya.

Menurut Yusran Anizam salah satu bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten, beberapa hari yang lalu beliau telah diperintahkan oleh Bupati Kubu Raya untuk menginventarisir kebutuhan lahan bagi beberapa instansi baik itu SKPD di Kabupaten Kubu Raya dan beberapa instansi vertikal, termasuk Pengadilan Agama di Kubu Raya menjadi salah satu yang diinventarisasi untuk secepatnya difasilitasi pembangunan Pengadilan Agama.

Tidak hanya itu, Bupati Kubu Raya juga memerintahkan kepada jajarannya untuk memasukkan program kegiatan di SKPD. Suatu program kemitraan dengan Pengadilan Agama terkait masalah kawin siri, sehingga akan banyak sidang itsbat guna dapat menjangkau masyarakat luas.

Menurutnya kawin siri ini mempunyai dampak yang luar biasa. Pemerintah Daerah menerima aspirasi dari kelompok organisasi masyarakat yang menamakan dirinya dengan PEKKA.

“Bagaimana status-status keluarga yang belum terdaftar secara resmi di negara ini mempunyai dampak yang luar biasa, termasuk bagaimana status anaknya untuk dapat masuk sekolah yang akan dipersulit” jelasnya.

“Belum lagi permasalahan konflik-konflik yang bersifat materiil. Dimana ada perebutan harta gono gini dan lain sebagainya, akhirnya anak yang belum terdaftar di negara menjadi objek yang dirugikan sekali” tambah pria yang belum genap sebulan menjabat Sekretaris Daerah Kubu Raya.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten akan mensupport dan mendukung sekali program-program seperti yang dilaksanakan pada hari ini.

Sementara itu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Drs. H. Maslihan Saifurrozi, SH., MH amat gembira dan tersanjung atas penyampaian sambutan dari Sekretaris Daerah Kubu Raya.

“Mudah-mudahan ini bisa diprogramkan dan benar-benar nanti dapat terwujud” harapnya. (Roni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *