Ekspose Hasil Pengawasan, Hakim Tinggi Ingatkan Pentingnya Kerja Sama

Selama kurang lebih 3 (tiga) hari sejak tanggal 4 s.d. 6 Maret 2019, Tim Hakim Tinggi Pembinaan dan Pengawasan (Hatibinwasda) PTA Pontianak yang dipimpin oleh Drs. H. Ahmad Munthohar, S.H., M.H. didampingi Hj. Dwi Sulastri, S.H. dan Rika Darmika, S.E. telah selesai melakukan pengawasan atas kinerja aparat Pengadilan Agama Sungai Raya. Hasilnya pun diekspose dihadapan seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Sungai Raya pada hari Rabu (6/3/2019). Inti dari pengawasan ini ialah untuk mengontrol kinerja aparat peradilan jangan sampai keluar dari koridor aturan yang berlaku.

Drs. H. Ahmad Munthohar, S.H., M.H. menjelaskan bahwa secara umum kinerja Pengadilan Agama Sungai Raya sudah baik. Meskipun tergolong satuan kerja baru, Pengadilan Agama Sungai Raya sudah mampu bersaing dengan satuan kerja lain di tingkat nasional  dalam hal kinerja Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dan Direktori Putusan, di mana per tanggal 1 Maret 2019 Pengadilan Agama Sungai Raya meraih posisi ketiga nasional untuk kategori jumlah perkara di atas 250 perkara.

Dengan raihan prestasi tersebut bukan berarti tidak ada kekurangan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di Pengadilan Agama Sungai Raya. Dengan jumlah SDM yang terbatas (saat ini berjumlah 12 orang yang terdiri dari 4 orang Hakim termasuk Wakil Ketua dan 8 orang Pegawai) tentu tidak sebanding dengan jumlah perkara yang ditangani. Banyaknya pekerjaan yang dirangkap menjadi salah satu poin temuan Tim Pengawas, yang salah satu dampaknya ialah masih ada beberapa berkas perkara yang belum diselesaikan padahal statusnya sudah diminutasi. Hal ini menjadi PR bagi Plt Ketua dan Pejabat Kepaniteraan untuk mencari solusi atas temuan ini. Dan kami berharap seluruh aparat Pengadilan Agama Sungai Raya baik itu Hakim, Kepaniteraan dan Kesekretariatan untuk saling bekerja sama agar pelaksanaan tugas sehari-harinya dapat diselesaikan dengan baik dan benar sesuai ketentuan yang berlaku.

Setelah menyampaikan ekspose hasil pembinaan dan pengawasan, Tim Hatibinwasda menyerahkan secara simbolis Kontrak Kinerja kepada Plt. Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin, S.H.I., M.H. untuk ditindaklanjuti paling lambat 1 (satu) bulan. Dan dalam kesempatan yang sama, Plt. Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Hatibinwasda atas hasil pembinaan dan pengawasan yang telah dilakukan selama kurang lebih 3 hari sekaligus menyampaikan komitmennya untuk menindaklanjuti Kontrak Kinerja yang telah disepakati serta turut memohon maaf apabila dalam proses pengawasan yang dilakukan tersebut terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *