Maksimalkan SIPP dan E-Court, PA Sungai Raya Gelar Rapat Evaluasi

Sungai Raya 14/6 – Pada hari Selasa, 14 Juni 2022 PA Sungai Raya menggelar Rapat Evaluasi Penggunaan SIPP dan Pelaksanaan E-Court dalam penanganan perkara di Pengadilan Agama Sungai Raya. Bertindak sebagai Pemimpin Rapat adalah Bapak Ahmad Affendi, S.Ag., Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya. Rapat turut dihadiri oleh Ibu Ulfa Fithriani, S.H.I., M.H., Wakil Ketua PA Sungai Raya, Para Hakim, Panitera dan Pejabat Kepaniteraan, Jurus Sita/Juru Sita Pengganti, serta Para Pegawai yang bertugas sebagai pengadministrasi SIPP dan Pelaksana E-Court. Rapat bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan SIPP dan pelaksanaan E-Court.

“Nilai SIPP kita memang menurun karena beberapa faktor teknis yang mungkin disebabkan oleh presentase jumlah perkara ghaib. Saya mengapresiasi Hakim yang telah menyelesaikan perkara sebelum tiga puluh hari dan mengapresiasi seluruh staf yang dalam beberapa tahun terakhir telah membuat penilaian SIPP PA Sungai Raya tinggi. Mari kita jadikan nilai SIPP kita itu sebagai bahan evaluasi untuk kita benahi dan optimalkan agar mendapat nilai yang tinggi kembali”, pesan Ahmad Affendi dalam Pembukaan Rapat tersebut.

Kemudian Hakim PA Sungai Raya, Bapak Fauzy Nurlail, S.H, M.H., menyampaikan tiga hal penting dalam penilaian SIPP yaitu upload, minutasi, dan penyelesaian perkara. Dibutuhkan kerjasama dan komitmen tim agar nilai SIPP PA Sungai Raya dapat kembali tinggi. Waka PA Sungai Raya, Ibu Ulfa Fithriani juga mengingatkan pentingnya penyelesaian perkara contradictoir tidak lebih dari tiga puluh hari.

Rapat dilanjutkan dengan diskusi dan pemberian masukan oleh Para Hakim, Panitera Muda, dan Para Staf untuk kembali memaksimalkan nilai SIPP yang diperoleh PA Sungai Raya. Di antaranya, Soffatul Fuadiyyah, S.H., Hakim PA Sungai Raya memberikan masukan berhubungan dengan penerimaan perkara dan penentuan hari sidang.

Rapat kemudian diikuti dengan pembahasan mengenai E-Court, untuk mengevaluasi pelaksanaan E-Court dan meningkatkan jumlah perkara E-Court pada PA Sungai Raya. Dibahas mengenai tantangan-tantangan pendaftaran perkara melalui E-Court, antara lain penggunaan surat elektronik, pembayaran panjar menggunakan virtual account yang mana belum semua masyarakat memahaminya. Rapat dilanjutkan dengan diskusi untuk mencari solusi untuk meningkatkan jumlah perkara E-Court yang masuk ke PA Sungai Raya.

Semoga dengan Rapat ini, pelayanan yang diberikan PA Sungai Raya bagi para pihak yang membutuhkan semakin optimal sehingga keberadaan PA Sungai Raya berguna dan dapat dirasakan oleh masyarakat. (RD)

 

Hits: 13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook
Twitter
YouTube
Instagram
× ARWANA Chat