Ingin Kenal Lebih Dekat Dengan SAKTI, Tim Pengelola Keuangan PA Sungai Raya Ikuti EUT

Untuk menjawab perkembangan teknologi informasi dewasa ini, Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan melakukan sebuah terobosan dengan membuat Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI). Sistem ini bertujuan untuk mewujudkan laporan keuangan yang akuntabel sesuai dengan amanat Undang-Undang Keuangan Negara.

Guna memperkenalkan lebih dekat aplikasi SAKTI ini kepada satuan kerja, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pontianak menggelar kegiatan End User Training (EUT) Aplikasi SAKTI secara daring (Zoom) berlangsung selama dua minggu dimulai dari tanggal 13 September 2021 hingga 24 September 2021 dan terbagi dalam dua sesi modul yakni modul pelaksanaan dan modul pelaporan.

Pengadilan Agama Sungai Raya yang menjadi salah satu satker yang diundang untuk mengikuti kegiatan tersebut mengikutsertakan KPA, PPK, PPSPM, Bendahara, Operator Komitmen dan Operator Pembayaran.

Menurut trainer dari KPPN Pontianak, Taluda Rivaldy, aplikasi SAKTI ini akan mulai diimplentasikan tahun 2022 dengan diawali penyampaian SPM Gaji Induk bulan Januari tahun 2022. Nanti aplikasi SAKTI ini katanya akan terintegrasikan mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban anggaran dan akan menggantikan aplikasi-aplikasi eksisting yang sebelumnya masih menggunakan database terpisah.

Perbedaan aplikasi SAKTI dengan aplikasi satker sebelumnya yakni:

  1. Menggunakan satu database terpusat;
  2. Memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dengan adanya proses enkripsi/dekripsi Arsip Data Komputer (ADK);
  3. Dapat di-install di beberapa operating system (misal Windows, Linux);
  4. Lebih mudah digunakan (user friendly);
  5. Dapat dijalankan dalam spesifikasi PC/Laptop yang minimum;
  6. Kinerja aplikasi yang lebih konsisten;

Untuk memudahkan stakeholder dalam implementasi SAKTI, Direktorat Jenderal Perbendaharaan telah menyiapkan aplikasi bernama Pandu SAKTI yang dapat didownload pada Play Store dan ibox. Di aplikasi tersebut terdapat video tutorial penggunaan aplikasi SAKTI dan Juknis dalam penggunaan aplikasi SAKTI. (red. resgi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa ARWANA bantu?