Rapat Monev Pelaksanaan Zona Intergritas di PA Sungai Raya

Hari ke-7 di bulan Ramadhan ini jatuh pada hari Senin, tanggal 19 April 2021. Selain ada 9 perkara dalam pelaksanaan sidang oleh 2 Majelis, Tim Pengadilan Agama Sungai Raya juga melaksanakan Monitoring Evaluasi (monev) untuk pelaksanaan Zona Integritas.

Rapat yang dibuka oleh Bp Wakil Ketua kemudian dilanjutkan oleh Bp Ketua PA, membahas pelaksanaan rencana aksi pada area I dan II. Seperti pesan Bp Wakil Ketua PTA Pontianak pada hari Jum’at yang lalu, setiap pengadaan monev, yaitu tindaklanjut terhadap setiap evaluasi dari hasil monitoring agar diperhatikan pelaksanaannya untuk kemudian didokumentasikan dengan rapih, teratur, dan berkala. Terhadap pesan tersebut, KPA Sry kemudian menekankan hal ini kepada seluruh timnya.

Salah satu progam kerja yang dibahas dalam rapat adalah mengenai pelaksanaan public campaign. Public campaign yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Sungai Raya ini dimaksudkan sebagai bentuk sosialisasi terhadap fungsi dan peran suatu Pengadilan Agama di antara masyarakat, dalam hal ini masyarakat Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Dalam menjalankan fungsi dan perannya di tengah masyarakat, Pengadilan Agama memerlukan dukungan atau pengakuan bahwa Pengadilan Agama memang bersih dan transparan dalam melaksanakan pelayanannya.

Lebih lanjutnya public campaign memiliki banyak manfaat, yaitu agar satuan kerja Pengadilan Agama dapat merealisasikan suatu bentuk instansi pemerintah yang bebas dari korupsi serta mencerminkan birokrasi yang bersih melayani masyarakat. Lebih luasnya lagi, public campaign salah satu turunan dari hal yang dicanangkan dan diterapkan Menteri Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB), agar seluruh instansi pemerintahan memiliki jaminan bebas korupsi dan dapat terlaksana sebagai birokrasi bersih melayani.

Semoga wilayah bebas korupsi dan sebagai birokrasi bersih dalam pelayanannya dapat diraih dan terus dipertahankan oleh Pengadilan Agama Sungai Raya. (RR)

Aamiin ya rabbal’alamin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa kami bantu?