Kunjungan Perdana Wakil Ketua PTA Pontianak Ke PA Sungai Raya Dalam Rangka Pendampingan Zona Integritas

Jumat (16/04/2021) Wakil Ketua PTA Pontianak Bapak Dr. Drs. H. Muh Abduh Sulaeman, S.H., M.H melakukan kunjungan perdana ke PA Sungai Raya. Dalam kunjungan tersebut, WKPTA Pontianak melakukan evaluasi terhadap kualitas eviden ZI sebelum adanya desk evaluation dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI.

Bertempat di ruang sidang, Pendampingan ZI dibuka oleh KPA Sungai Raya Bapak H. M. Kusen Raharjo, S.H.I., M. A dengan memperkenalkan tim Pembangunan ZI di PA Sungai Raya kepada WKPTA Pontianak. Sebelum memeriksa kualitas eviden ZI yang ada di PA Sungai Raya, WKPTA Pontianak menyampaikan bahwa sasaran utama ZI terdapat pada area 6 yaitu pelayanan publik, namun ZI harus diawali dengan perubahan pola pikir karena tanpa adanya perubahan pola pikir, maka kelima area lainnya yaitu area 2 hingga area 6 tidak dapat berjalan dengan baik. Akan tetapi setiap area harus selalu berjalan beriringan karena saling berkaitan.

Beliau juga mengingatkan bahwa penilaian ZI terdiri 3 aspek yaitu aspek keterpenuhan, kualitas, dan implementasi, namun selain ketiga aspek tersebut kunci keberhasilan yang utama adalah doa. Segala aspek aktivitas tidak terlepas dari aspek spiritual, sehingga semuanya harus diserahkan kepada Allah SWT. Tak lupa pula beliau mengajak seluruh aparat PA Sungai Raya untuk keluar dari zona nyaman menuju zona integritas.

Selanjutnya WKPTA Pontianak mengevaluasi kualitas eviden ZI yang ada di PA Sungai Raya. Meskipun secara umum sudah baik, namun masih ada beberapa eviden yang harus dilengkapi, sehingga eviden yang diunggah di PMPZI diharapkan tidak hanya memberikan informasi kepada evaluator tetapi juga meyakinkan bahwa aspek penilaian terpenuhi.

Kegiatan ini sangat membantu aparat PA Sungai Raya dalam melaksanakan pembangunan ZI, meskipun adanya keterbatasan gedung, namun antusias PA Sungai Raya sangat tinggi. Harapannya kegiatan ini dapat dilanjutkan di hari mendatang, sehingga eviden PA Sungai Raya tidak hanya memenuhi aspek keterpenuhan saja, melainkan juga aspek kualitas dan implementasi. (Red: Kn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa kami bantu?