Bukti Pelayanan Prima Bagi Penyandang Disabilitas, Petugas PTSP PA Sungai Raya Berikan Pendampinganan

Pengadilan Agama (PA) Sungai Raya terus berupaya meningkatkan pelayanan prima bagi para pencari keadilan, khususnya penyandang disaiblitas. Apalagi setelah dikeluarkannya SK Dirjen Badilag MA RI Nomor 206/DJA/I/2021 tentang Standar Pelayanan Bagi Penyandang disabilitas di Lingkungan Peradilan Agama Januari yang lalu.

Meski dalam kondisi keterbatasan sarana dan prasarana, khususnya gedung pengadilan, karena masing menyewa ruko di kawasan jalan Arteri Supadio, seluruh aparatur Pengadilan Agama Sungai Raya terus berupaya mengedepankan kemudahan dan kenyamanan bagi penyandang disabilitas yang datang ke kantor. Bentuk pelayanan prima tersebut, selain penyediaan fisik jalur khusus disabiltas dan penggunaan kursi roda, juga penyediaan fasilitas pendampingan. Penerapan fasilitas pendampingan adalah sebagai bentuk komitmen Pengadilan Agama Sungai Raya dalam memberikan pelayanan prima sebagaimana tujuan dan harapan Ketua Mahkamah Agung dan Dirjen Badilag.

Senin, 15 Februari 2021 pendampingan ini sudah diterapkan oleh Petugas PTSP Pengadilan Agama Sungai Raya bernama Budi atau yang akrab dipanggil Ipan ini langsung menjemput Pihak penyandang disabilitas turun dari mobil Pickup dan diantar langung ke ruang tunggu pengadilan. Kebetulan saat itu lepas jam istirahat siang tidak ada antrian sidang lagi sehingga Pihak langsung dipanggil ke ruang sidang untuk diperiksa.

Perkara yang disidangkan adalah permohonan dispensasi kawin, sehingga pemeriksaannya lumayan memakan waktu yang cukup lama. Alhamdulillah, penetapan bisa dibacakan langsung pada hari yang sama, sehingga pihak tersebut merasa sangat senang dan pulang dengan perasaan lega. (ME)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa kami bantu?