Pengadilan Agama Sungai Raya melakukan Kunjungan Ke Kantor Komisi Perlindungan dan Pengawasan Daerah (KPPAD) Prov. Kalimantan Barat

Jumat (5/02/2021), Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya didampingi oleh wakil ketua dan 2 orang hakim melakukan kunjungan ke kantor Komisi Perlindungan dan Pengawasan Daerah (KPPAD) Prov. Kalimantan Barat.  Kunjungan ini dalam rangka membahas terkait UU Nomor 16 tahun 2019 tentang Perkawinan serta Perma Nomor 5 tahun 2019 tentang Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin. Sejak aturan tersebut diberlakukan, jumlah perkara Dispensasi Kawin yang masuk ke Pengadilan Agama Sungai Raya melonjak.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya mengharapkan kepada KPPAD Prov. Kalimantan Barat untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam menekan angka pernikahan dini di Indonesia,  dengan melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap anak yang akan mengajukan dispensasi kawin ke Pengadilan Agama Sungai Raya.

KPPAD Prov. Kalimantan Barat yang diwakili oleh ibu Sulasti, S.e., M.M selaku Wakil Ketua KPPAD dan ibu Nani Wirydayani, S.T menyambut baik dan mengapresiasi maksud dan tujuan kerja sama tersebut. KPPAD yang memang berperan aktif dalam perlindungan anak mulai dari hilir hingga hulu bersedia untuk melakukan konseling dan pengawasan terhadap anak serta orang tua yang akan mengajukan Dispensasi Kawin ke Pengadilan Agama Sungai Raya, sehingga dengan kegiatan tersebut harapannya hak-hak anak tidak terampas akibat dari pernikahan dini dan angka pernikahan dini di Kubu Raya dapat ditekan. (red: Nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Apa yang bisa kami bantu?