Rapat Tindak Lanjut Hasil Surveillance APM dan Rapat Koordinasi Bulanan

Jum’at, 06 November 2020, bertempat di Ruang Sidang, Pengadilan Agama Sungai Raya melaksanakan rapat tindak lanjut hasil surveillance APM. Rapat tersebut bertujuan untuk melakukan koordinasi dalam rangka perbaikan eviden atas hasil surveillance APM dan rekomendasi tim assessor yang telah dilaksanakan di Pengadilan Agama Sungai Raya pada tanggal 21-23 Oktober 2020.

Ketua APM Pengadilan Agama Sungai Raya, Abdul Hamid, S.H.I. secara langsung memimpin agenda rapat tersebut. Ia menyampaikan pembagian kerja dan sistem pelaksanaannya kepada masing-masing penanggungjawab terkait dengan tindak lanjut eviden-eviden yang harus dilakukan perbaikan.

Rapat tindak lanjut hasil surveillance APM ini merupakan perwujudan komitmen Pengadilan Agama Sungai Raya untuk memenuhi dan melaksanakan perbaikan temuan dari tim surveillance APM. Pengadilan Agama Sungai Raya sepenuhnya menyadari bahwa langkah ini akan berdampak positif untuk kemajuan satuan kerja. Memenuhi perbaikan eviden dan melaksanakan rekomendasi tim assessor PTA tidak lain dan tidak bukan akan berdampak pada peningkatan pelayanan prima PA Sungai Raya kepada para pencari keadilan dan terciptanya sistem kerja yang efektif dan efisien.

Selanjutnya setelah rapat tindak lanjut hasil surveillance APM selesai pada pukul 14.30 WIB, agenda dilanjutkan dengan rapat koordinasi bulanan. Rapat ini dipimpin secara langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya, H.M. Kusen Raharjo, S.H.I., M.A.. Berikut poin-poin penting yang dibahas dalam rapat tersebut:

  • Menjelang akhir tahun 2020, perlu dilakukan peningkatan penyelesaian perkara. Per 06 Oktober 2020 terdapat sisa perkara sejumlah 127 yang terdiri dari 60 permohonan dimana 40 diantaranya adalah perkara permohonan Isbat Nikah Terpadu yang akan disidangkan pada tanggal 12 November 2020 di Desa Madu Sari dan 67 gugatan.
  • Sebagai persiapan bimbingan teknis yustisial di Pengadilan Tinggi Agama Pontianak yang akan diselenggarakan pada tanggal 25-27 November 2020, seluruh Hakim diperintahkan untuk menginventarisir permasalahan hukum seputar e-court, gugatan sederhana, hukum pembuktian terutama alat bukti elektronik, teknik menyusun putusan, sita dan eksekusi dan pemecahan permasalahan hukum.
  • Optimalisasi penyelesaian DIPA 01 dan 04 tahun anggaran 2020 perlu diperhatikan.
  • Agenda Jum’at Bersih sesuai jadwal akan dilaksanakan pada tanggal 13 November 2020;
  • Dalam penilaian triwulan, terdapat item tambahan yakni terkait keberhasilan pelaksanaan mediasi dan keberadaan perkara kasasi;
  • Siapkan berkas eksaminasi;
  • Persiapan lelang posbakum untuk realisasi anggaran posbakum Pengadilan Agama Tahun 2021 apabila disetujui;
  • Menyiapkan laporan kinerja triwulan maksimal 11 November 2020;
  • Perlu disediakan meja atau laci guna ketertiban dan keindahan meja PTSP;
  • Menghimbau agar seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Sungai Raya mendisiplinkan presensi, baik presensi melalui face recognition/finger print, presensi tulis manual maupun presensi sikep.

Agenda rapat diakhiri dengan tanya jawab pimpinan dengan seluruh Hakim dan Pegawai apabila terdapat hal-hal yang perlu didiskusikan atau dikoordinasikan. Rapat evaluasi bulanan berakhir pada pukul 15.30 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?