Ketua PTA Pontianak lakukan pembinaan di PA Sungai Raya

Pada hari Senin tanggal 26 Oktober 2020 sekitar pukul 13.00 WIB Ketua PTA Pontianak yaitu Dr. Drs. H.  Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M. H. datang lagi untuk kali kedua ke PA Sungai Raya, kedatangannya kali ini  didampingi oleh Sekretaris PTA Pontianak, yaitu Nursani, S.H. seperti biasa kedatangan Ketua PTA Pontianak tersebut untuk melakukan pembinaan kepada segenap pimpinan, hakim maupun aparatur Pengadilan Agama Sungai Raya. Pada kesempatan kali ini Ketua PTA membahas tentang tekhnis yustisial dan kesekretariatan.

Kedatangan Ketua PTA tersebut  disambut hangat oleh pimpinan dan seluruh aparatur PA Sungai Raya, sepanjang acara banyak pesan dan nasihat yang diberikan oleh Ketua PTA diantaranya:

  • Apresiasi kepada PA Sungai Raya yang notabene masih bagus dalam penyelesaian perkara.
  • Jangan sampai ada di PA Sungai Raya majelis hakim yang mengikuti kemauan para pihak dalam menangani perkara, artinya jangan sampai memutus perkara terlalu lama.
  • Terkait upload putusan harus disiasati bersama, jangan sampai mengupload putusan pada saat jam sibuk untuk mengantisipasi antrian upload putusan dan kerusakan jaringan internet.
  • Ditunjuk satu orang yang diberi tugas untuk memantau upload putusan dan sinkronisasi.
  • Perkara yang banding dengan e-court masih belum bisa diterapkan di PTA Pontianak karena PTA masih belum siap dengan sistem e-court. Untuk perkara banding dengan e-court, saat ini masih di uji coba di PTA Bandung.
  • Walaupun PA Sungai Raya masih tergolong baru dengan berbagai kekurangan sarana dan prasarana namun harus tetap bekerja secara maksimal dan memberikan pelayanan terbaik kepada pencari keadilan.
  • Sebaiknya buatlah putusan yang isinya dapat dipahami oleh para pihak pencari keadilan karena putusan itu merupakan komunikasi antara Hakim dengan para pihak.
  • Biasakan untuk menginternalisasi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) dan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun).

Diakhir pembinaanya Ketua PTA Pontianak membuka sesi tanya jawab kepada seluruh audiens. Dan sebagai penutup diakhiri dengan yel-yel khas PA Sungai Raya. (AS)

Hits: 57

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook
Twitter
YouTube
Instagram
× ARWANA Chat