TANJUNG SALEH…MARI KITA SUKSESKAN PROGRAM ITSBAT NIKAH TERPADU!

Bismillahirrahmanirrahim…

Hari Kamis, tanggal 10 September tahun 2020, Pengadilan Agama Sungai Raya bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini khususnya Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementerian Agama khususnya pada bagian Kantor Urusan Agama, dan Kepala Desa Kelurahan Tanjung Saleh menyelenggarakan Itsbat Nikah Terpadu. Pelaksanaan itsbat nikah terpadu ini banyak mendapat bantuan dari salah satu organisasi masyarakat yang banyak bergerak di bidang sosial, yaitu Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA).

Itsbat nikah terpadu ini, yang biasa dinamakan yandu (pelayanan terpadu) ini diselenggarakan di Kantor Desa Tanjung Saleh. Tim Pengadilan Agama Sungai Raya yang diberangkatkan terdiri dari lima orang Hakim, satu orang Panitera, empat orang Panitera Pengganti, satu orang Jurusita, seorang Analis Perkara Peradilan, dua Tenaga Honorer, dan empat orang Mahasiswa Magang. 18 orang dari Pengadilan Agama Sungai Raya ini, termasuk di dalamnya seorang Wakil Ketua, yaitu Bp. Abdul Hamid, S.H.I., yang tergabung dalam lima orang Hakim tersebut di atas, diberangkatkan dengan Surat Tugas dari Pengadilan Agama Sungai Raya, Bp. H.M. Kusen Raharjo, S.H.I., M.A.

Alhamdulillah….

Seluruh itsbat nikah yang diajukan penduduk Tanjung Saleh dalam program ini berakhir dengan penetapan Kabul oleh tiap Hakim yang bersidang. Permohonan yang diajukan para Pemohon yang berdomisili di Kelurahan Tanjung Saleh terbukti benar tanpa kecuali. Permohonan yang telah selesai diperiksa, penetapannya kemudian diunduh dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Agama Sungai Raya. Pengunduhan ini dibantu oleh tim Pengadilan Agama Sungai Raya yang tidak ikut proses lapangan program yandu ini.

Setelah jamuan makan siang yang disediakan Kepala Desa Tanjung Saleh selesai dinikmati oleh seluruh tim dari tiga instansi dan satu organisasi massa, seluruh tim yandu beranjak dari Desa Tanjung Saleh. Perjalanan kembali ditempuh menggunakan perahu motor dari depan Kantor Kepala Desa Tanjung Saleh menuju Pasar Sungai Kakap. Dari pasar sungai kakap menuju kantor Pengadilan Agama Sungai Raya ditempuh melalui jalur darat dengan waktu tempuh kurang lebih 90 menit.

Program Itsbat Terpadu Tanjung Saleh hari ini, kemudian akan diteruskan dengan Program Itsbat Terpadu di Sungai Enau, Kuala Mandor B, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

InsyaAllah… (RR-red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami