Siap Optimalkan Persidangan Elektronik, PA se-Kalimantan Barat Ikuti BIMTEK e-Court dan e-Litigasi

Mahkamah Agung RI terus bereformasi melakukan terobosan di bidang teknologi informasi. Seiring hal tersebut, kegiatan bimtek digalakkan guna penguatan kapasitas dan kapabilitas SDM.

Pada Senin 7/9/2020, Pengadilan Tinggi Agama Pontianak gelar bimtek e-Court dan e-Litigasi. Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H., Dr. H. Amam Fakhrur, S.H., M.H., Dr. H. Dalih Effendy, S.H., M.E.Sy. dan Dr. H. Mamat Ruhimat, S.H., M.H.. Bimtek tersebut diikuti oleh seluruh Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Pontianak dan Ketua Pengadilan Agama se-Kalimantan Barat.

Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H. yang kini menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak memberikan penekanan tentang pentingnya aparatur peradilan memahami PERMA No. 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara Elektronik dan PERMA No. 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara Elektronik. Lebih lanjut, beliau berharap seluruh warga peradilan agama se-Kalimantan Barat khususnya Hakim dan Panitera Pengganti dapat memahami alur dan proses penanganan perkara yang didaftarkan secara e-court.

Dalam pemaparannya, narasumber mengulas kembali bahwa e-Court merupakan sebuah instrumen pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, taksiran panjar biaya secara elektronik, pembayaran panjar biaya, pemanggilan dan persidangan secara online. Aplikasi ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dalam fungsinya menerima pendaftaran perkara secara online dimana masyarakat akan menghemat waktu dan biaya saat melakukan pendaftaran perkara.

Satu hari sebelum bimtek berlangsung, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak melalui surat Nomor W14-A/1624/HM.01.1/IX/2020 meminta PA se-Kalimantan Barat menghimpun permasalahan implementasi e-court dan e-litigasi di satuan kerja masing-masing. Permasalahan yang dihimpun dapat berupa teknis operasional aplikasi maupun teknis persidangan. Selanjutnya data tersebut disampaikan ke Pengadilan Tinggi Agama Pontianak melalui surat elektronik.

Bimtek yang berlangsung di aula Pengadilan Tinggi Agama Pontianak ini dapat disimak oleh seluruh warga peradilan se-Kalimantan Barat. Hal ini dikarenakan panitia membuka link zoom yang menampilkan jalannya acara. Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam ini juga membuka kesempatan bagi mereka untuk mengajukan pertanyaan via kolom percakapan. (SF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami