PA Sungai Raya Menerima Kunjungan Serikat PEKKA Dalam Rangka Itsbat Nikah Terpadu

Kamis, 3 September 2020, Pengadilan Agama Sungai Raya menerima kunjungan dari Serikat PEKKA. Hadir dalam kesempatan ini Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya, Hakim, Panitera dan perwakilan dari Serikat PEKKA. Serikat PEKKA berkunjung dalam rangka pelaksanaan Itsbat Nikah Terpadu yang merupakan program kerja sama dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Pengadilan Agama Sungai Raya dan Kementerian Agama Kubu Raya untuk penerbitan buku nikah dan akta kelahiran.

Kegiatan ini sangat positif karena mempunyai manfaat yang sangat besar sekali bagi masyarakat, terutama untuk legalitas formal bagi masyarakat di daerah terpencil yang pernikahannya belum tercatat (nikah sirri) karena terkait dengan adminitrasi kependudukan, akta kelahiran anak-anaknya dan itu semua dibutuhkan buku nikah yang sah secara hukum Islam dan Undang-Undang Perkawinan (UU No. 1 Tahun 1974). Setelah pernikahannya yang dilaksanakan secara sah ditetapkan oleh Hakim, maka para pemohon Isbat Nikah diberikan Buku Nikah, sekaligus Akta Kelahiran anak-anaknya.

Program Itsbat Nikah Terpadu tahun 2020 direncanakan di 5 Desa dengan total 200 pasangan antara lain Desa Mekar Sari, Desa Sungai Nipah, Desa Tanjung Saleh, Desa Kuala Mandor dan Desa Enau.

Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya, H. M. Kusen Raharjo, S.H.I., M.A. menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Itsbat Nikah Terpadu ini agar tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni menerapkan social distancing, sehingga diharapkan agar kerumunan para pihak dapat dihindari.

Dalam pertemuan ini sekaligus mengevaluasi pelaksanaan Itsbat Nikah Terpadu di 2 Desa yaitu Desa Mekar Sari dan Desa Sungai Nipah. Itsbat Nikah Terpadu berikutnya akan dilaksanakan pada tanggal 10 September 2020 di Desa Tanjung Saleh, kemudian akan dilanjutkan ke 2 desa selanjutnya. (FN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami