Aplikasi Valkot PA Sungai Raya Disosialisasikan Pada Rakor KUA Se Kabupaten Kubu Raya

Pengadilan Agama Sungai Raya pada Rabu, (29/7/2020) pagi, melakukan sosialisasi aplikasi Validasi Keotentikan Produk Pengadilan (Valkot) di ruang rapat RM. Sederhana, Pontianak.

Aplikasi yang berbasis web ini merupakan salah satu inovasi dari Pengadilan Agama Sungai Raya yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang berkepentingan atau stakeholder seperti KUA atau Disdukcapil dalam mendapatkan kemudahan informasi terkait keotentikan produk dari Pengadilan Agama Sungai Raya.

Menurut Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin, S.H.I., S.H., M.H., maraknya pemalsuan akta cerai yang beredar di masyarakat dan sering disalahgunakan, menjadi latar belakang dikembangkannya aplikasi Valkot ini.

Beliau beserta Panitera dan Tim TI Pengadilan Agama Sungai Raya memohon ijin menggunakan waktu untuk mempresentasikan aplikasi Valkot sehingga nantinya aplikasi ini bisa bermanfaat bagi Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Kubu Raya dan masyarakat dalam mendapatkan informasi produk pengadilan.

Fitur pada aplikasi ini tidak hanya untuk melakukan pengecekan akta cerai saja, namun KUA juga bisa melakukan pengecekan salinan putusan/ penetapan bagi masyarakat yang akan mengajukan pencatatan pernikahannya guna mendapatkan buku nikah.

Sosialisasi yang berlangsung sebelum acara rapat koordinasi antara Kemenag Kabupaten Kubu Raya dengan seluruh Kepala KUA se Kabupaten Kubu Raya. Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya, menceritakan sejarah singkat berdirinya Pengadilan Agama Sungai Raya.

Secara nomenklatur, Hj. Izza menjelaskan nama Pengadilan Agama Sungai Raya diambil dari nama ibukota kabupaten Kubu Raya, yang wilayah hukumnya seluruh wilayah administrasi kabupaten Kubu Raya.

Lanjutnya, pengadilan yang didirikan akhir tahun 2018 ini, merupakan “saudara kandung” dari Kantor Urusan Agama yang dulunya berada satu atap dibawah Kementerian Agama. Namun sejak 2004, seluruh administrasi di Pengadilan Agama berada di bawah Mahkamah Agung bersama dengan peradilan lainnya.

Sementara Kepala Kemenag Kubu Raya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini antara Kemenag Kubu Raya dengan Pengadilan Agama Sungai Raya. Sebenarnya banyak permasalahan yang bisa dibicarakan dalam forum seperti ini, namun waktu yang memang singkat sehingga akan coba dijadwalkan dilain waktu. (Roni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami