Ketua PTA Pontianak dan Hakim Tinggi Lakukan Audit dan Pembinaan di PA Sungai Raya

Rabu, (29/7/2020), Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H. beserta Hakim Tinggi Drs. H. Iri Hermansyah, S.H., datang mengunjungi Pengadilan Agama Sungai Raya.

Tujuan dari Pengadilan Tinggi Agama Pontianak datang ke Pengadilan Agama Sungai Raya yaitu ingin melaksanakan audit oleh Hakim Tinggi Pengawas Drs. H. Iri Hermansyah, S.H., kepada Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin, S,H.I., S.H., yang akan mutasi ke Pengadilan Agama Jombang kelas I B.

Audit merupakan hal yang lumrah tatkala sebuah lembaga akan berganti kepemimpinan. Pun demikian ketika Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin, S,H.I., S.H., yang ditugaskan oleh Mahkamah Agung untuk mutasi ke Pengadilan Agama Jombang harus dilakukan audit terlebih dahulu.

Adapun yang akan diaudit adalah seputar perkara yang ditangani, barang inventaris, kewajiban-kewajiban seperti PTWP, IKAHI, dan lain-lain serta terkait keuangan baik keuangan perkara di Kepaniteraan dan DIPA (Daftar Isian Pelaksana Anggaran) di Kesekretariatan.

Audit ini sendiri adalah bentuk pertanggungjawaban dari Ketua Pengadilan yang lama untuk nanti diserah terimakan kepada Ketua Pengadilan Agama yang nantinya akan dilantik.

Sementara itu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak dalam pembinaannya menyampaikan khususnya kepada Hakim, yang seyogyanya Hakim itu harus memahami hukum acara dengan cara bertanya ataupun mencari sendiri dari buku referensi hukum.

Dr. H. Arwan memberikan kesempatan kepada Hakim untuk berdiskusi seputar permasalahan hukum. Diskusi yang berlangsung menarik tersebut membahas tentang eksekusi, provisi, rekonvensi, bukti surat serta objek yang obsuure libel.

Diakhir penyampaiannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak banyak memberikan motivasi dan pesan.

“Bahwasanya jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain” katanya. Beliau percaya Hakim yang pernah bertugas di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Pontianak ini akan mampu menjadi pioneer, yang dapat membumikan hukum acara di tempat tugas yang baru nantinya.

“Karena setiap masa ada pemimpinnya dan setiap pemimpin ada masanya”, lanjutnya, siapapun pemimpin saat ini hendaklah diikuti kebijakannya demi kemajuan Pengadilan Agama kedepannya, Dirjen Badilag maupun Mahkamah Agung. A.S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami