Kembali Kunjungi PA Sungai Raya, Ketua PTA Pontianak Berikan Motivasi dan Pembinaan

Ketua PTA Pontianak yaitu Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, SH., MH dan rombongan datang ke PA Sungai Raya dalam rangka pembinaan kepada seluruh Pegawai, baik Hakim, ASN maupun Honorer di PA Sungai Raya.  Acara dibuka oleh Ketua PA Sungai Raya yaitu Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin S.H.I., S.H. Pada pembinaan sebelumnya biasanya diadakan melalui virtual, namun pada kesempatan kali ini Pak KPTA datang secara langsung untuk menyampaikan pembinaan.

Dalam kesempatan tersebut Pak KPTA menyampaikan ingin melihat Hakim-Hakim yang baru di lantik dan ingin menyampaikan pesan khusus kepada Hakim yang baru karena selama ini beliau hanya melihat melalui video pada saat pembinaan via  zoom meeting. Dalam moment ini beliau menyampaikan beberapa hal khususnya kepada Hakim yang baru dilantik di PA Sungai Raya, diantaranya:

  1. Apresiasi kepada PA Sungai Raya yang notabene masih baru karena PA Sungai Raya pernah masuk rangking 10 besar SIPP.
  2. Pegawai diharapkan bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing tanpa harus diperintah terlebih dahulu sebagaimana ajaran Islam bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain.
  3. Ilmu tentang Manajemen sudah diajarkan sejak zaman Rasulullah SAW, oleh karena itu kita dapat meneladani kepemimpinan Rasulullah SAW.
  4. Orang-orang yang beriman, berilmu dan beramal shaleh akan diangkat beberapa derajat dan diharapkan kita sebagai umat Muslim bisa memberikan banyak manfaat untuk orang lain dengan banyak beramal shaleh terutama dalam pekerjaan.
  5. Setiap pegawai wajib mengetahui tupoksinya masing-masing dan menguasai apa yang menjadi tanggung jawabnya. Kita boleh mengetahui pekerjaan orang lain sepanjang ada manfaat dan relevansinya.
  6. Pimpinan khususnya Ketua PA diharapkan bisa mengetahui tugas pokok dari bawahannya walaupun hanya secara garis besarnya karena Ketua nantinya akan bertanggung jawab secara keseluruhan.
  7. Ciptakanlah suasana yang harmonis dengan seluruh pegawai. Sebagai Pimpinan harus pintar-pintar menempatkan diri dan bergaul dengan seluruh pegawai baik ketika bekerja maupun ketika diluar pekerjaan.

Pak KPTA juga menanyakan mengenai jumlah perkara yang masuk ke PA Sungai Raya. Setiap Panmud baik Panmud Permohonan, Panmud Gugatan Dan Panmud Hukum juga harus mengetahui apa saja perkara yang masuk dan berapa jumlah perkara yang masuk.

Dalam Kesempatan ini Pak KPTA juga ingin meyampaikan materi tentang “ Putusan Ideal” kepada Hakim Baru. Adapun isi dari materi yang disampaikan adalah sebagai berikut:

  1. Kita harus berpegang pada hukum acara dan wajib dikuasai oleh Hakim. Walaupun kita sebagai Hakim Junior tapi kita dituntut untuk menguasai hukum acara untuk mendapatkan putusan yang ideal.
  2. Putusan Hakim yaitu pernyataan Hakim di dalam persidangan yang bertujuan untuk mengakhiri sengketa.
  3. Putusan itu harus yang ideal yaitu yang berkeadilan dan berkualitas. Berkualitas yaitu Terkait dengan proses putusannya. Sedangkan Keadilan yaitu hasil dari proses yang dirasakan oleh pencari keadilan.

Pembinaan oleh Ketua PTA pun diakhiri dengan sesi tanya jawab. Ketua PA Sungai Raya pun menutup acara pembinaan tersebut dengan ucapan hamdallah dan berharap pembinaan akan terus dilakukan secara continue. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami