Ketua PA Sungai Raya Motivasi Penyelesaian Perkara, Sebanyak 23,69% Perkara Via Mediasi berhasil Damai

Sungai Raya, 8 Juni 2020. Pengadilan Agama Sungai Raya melalui para hakim mediatornya setidaknya sejak periode bulan Januari – Juni 2020 telah berhasil menyelesaikan sengketa perkara melalui mediasi dengan jumlah yang cukup signifikan. Mulai dari jenis perkara perceraian hingga perkara kebendaan seperti gugatan harta bersama dan gugatan waris.

Sebut saja Mawardi, S. Ag., MHI (hakim Mediator yang sekaligus merupakan Wakil Ketua PA Sungai Raya) setidaknya telah mendamaikan 3 perkara secara damai via mediasi yaitu: 1 perkara Perceraian (9/Pdt.G/2020/PA.Sry), 1 perkara sengketa gugatan Waris (200/Pdt.G/2020/PA.Sry) dan 1 sengketa gugatan Harta Berama (217/Pdt.G/2020/PA.Sry).

Begitu pula Nurhasan, SHI., ME (hakim Mediator PA Sungai Raya) saat ini terhitung telah mendamaikan 4 perkara secara damai via mediasi yaitu: 3 Perkara Perceraian (677/Pdt.G/2019/PA.Sry), (8/Pdt.G/2020/PA.Sry) dan (47/Pdt.G/2020/PA.Sry) serta 1 perkara sengketa gugatan Waris (105/Pdt.G/2020/PA.Sry) yang bernilai milyaran rupiah.

Setidaknya dari jumlah total 38 perkara yang dimediasi, 9 perkara diantaranya telah diselesaikan dengan jalan damai via Mediator atau jika dipersentasikan kurang lebih 23,69% perkara yang dimediasi berhasil dengan damai, baik dicabut atau dengan Akta Perdamaian.

Keberhasilan tersebut tak terlepas dari motivasi yang selalu diberikan Ketua PA Sungai Raya (Hj. Izzatun Tyas Rohmatin, SHI., SH) kepada para mediator. Terlebih dengan 6 orang hakim yang baru saja dilantik diharapkan menambah daya gedor penyelesaian perkara di PA Sungai Raya. Sudah menjadi harapan bersama bahwa perdamaian antara para pihak yang berperkara adalah jalan yang paling apik dalam penyelesaian perkara. (Nh).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami