PA Sungai Raya Adakan Rapat Sosialisasi Kebijakan Pimpinan

Kamis, tanggal 14 Mei 2020 pukul 10.00 WIB, Pengadilan Agama Sungai Raya mengadakan Rapat Sosialisasi Kebijakan Pimpinan yang bertempat di ruang sidang utama PA Sungai Raya.

Hadir dalam kegiatan rapat tersebut yakni Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan seluruh pegawai PA Sungai Raya termasuk honorer. Rapat dibuka oleh Mustafa, S.H. selaku Panitera, didampingi oleh Galih Triatmojo, S.E. selaku sekretaris, dan dipimpin oleh Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin, S.H.I., S.H. selaku Ketua serta Mawardi, S.Ag., M.H.I. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya.

Pertama-tama, Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin, S.H.I., S.H. berbicara mengenai kebijakan penyelenggaraan peradilan di masa pandemi COVID-19. Sesuai dengan SE SekMA Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Work From Home dan Penjatuhan Hukuman Disiplin Bagi Hakim dan Aparatur di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya Pada Masa Kedaruratan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), maka Hakim dan Aparatur di PA Sungai Raya supaya memaksimalkan penggunaan SIKEP MARI untuk kegiatan presensi secara online. Penggunaan SIKEP MARI untuk presensi online tersebut dilakukan dengan mengaktifkan lokasi atau GPS dari perangkat smartphonenya masing-masing dengan tujuan agar pimpinan pusat dapat melakukan pemantauan dan pengawasan kepada Hakim dan Aparatur di PA Sungai Raya untuk tidak berpergian ke luar daerah dan atau kegiatan mudik. Lebih lanjut, KPA Sungai Raya menghimbau seluruh Hakim dan Aparatur PA Sungai Raya untuk mempedomani dan melaksanakan poin-poin penting yang telah diatur dalam SE SekMA No. 5 Tahun 2020 tersebut agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin, S.H.I., S.H. menekankan akan menindaklanjuti setiap dugaan pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh Hakim dan Aparatur di PA Sungai Raya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam sosialisasi tersebut, dipaparkan pula terkait penerimaan perkara di masa global pandemi ini. Pada awalnya, PA Sungai Raya hanya melakukan penerimaan perkara secara e-court, namun mengingat besarnya kebutuhan masyarakat di luar sana yang membutuhkan pelayanan pengadilan, maka PA Sungai Raya memutuskan untuk membuka penerimaan perkara secara offline dengan batas maksimal 5 perkara setiap hari.

Kemudian Mawardi, S.Ag., M.H.I., WKPA Sungai Raya, mengungkapkan bahwa kebijakan yang diambil oleh PA Sungai Raya baik terkait himbauan untuk Hakim maupun Aparatur agar tidak melakukan kegiatan berpergian maupun terkait kebijakan lainnya merupakan turunan dari kebijakan pimpinan pusat yang tidak lain dan tidak bukan bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Oleh karena itu, diharapkan Hakim dan Aparatur PA Sungai Raya tetap dapat bekerja dengan gembira melakukan pelayanan kepada masyakarat.

Selanjutnya, sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan masing-masing pemangku kebijakan baik kesekretarian oleh Galih Triatmojo, S.E. selaku sekretaris maupun kepaniteraan oleh Mustafa, S.H. selaku Panitera PA sungai Raya. Di akhir sesi, seluruh peserta sosialisasi diberikan kesempatan untuk memberikan kritik dan saran yang membangun guna peningkatan kualitas pelayanan publik di PA Sungai Raya karena pada hakikatnya pelayanan publik merupakan pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban Aparatur sebagai abdi negara. (SF)

One thought on “PA Sungai Raya Adakan Rapat Sosialisasi Kebijakan Pimpinan

  • 14 May 2020 at 3:34 PM
    Permalink

    Alhamdulillah… terus semangat untuk kemajuan PA Sungai Raya…. tingkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami