Rapat Evaluasi Bulanan, Mengembalikan Semangat Pembangunan Zona Integritas di PA Sungai Raya

Rabu, (6/5/2020) siang Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya memimpin rapat evaluasi bulanan dan rapat tim Pembangunan Zona Integritas.

Rapat pada hari ini dilaksanakan secara tatap muka langsung karena menurut penilaian Izza, biasa ia disapa, rapat yang dilaksanakan secara virtual meeting kuranglah efektif dan efisien. Untuk itu beliau mengambil sikap melaksanakan rapat secara langsung dengan diikuti oleh seluruh pegawai baik yang Work From Office (WFO) maupun yang Work From Home (WFH).

Dalam awal pengarahannya, Izza lagi-lagi mengingatkan kepada petugas pelayanan di meja PTSP untuk lebih memperhatikan protokoler kesehatan COVID-19 dengan tetap menjaga jarak.

“Manfaatkanlah peralatan yang telah disediakan seperti hand sanitizer, masker dan alat pengukur suhu badan,” pintanya.

Walaupun menurut Izza, selama masa penanggulangan wabah COVID-19 pelayanan pada Pengadilan Agama Sungai Raya tetap berlangsung, namun sebatas hanya penerimaan perkara secara elektronik melalui e-Court dan untuk sementara pendaftaran perkara secara tatap muka ditiadakan hingga tanggal 13 Mei ini.

Selain di pelayanan, Izza juga memberikan catatan pada administrasi keperkaraan. Diantara yang beliau sebutkan adalah kedisplinan dalam menginputkan data pada aplikasi SIPP.

“Jangan sampai karena keteledoran kita yang lupa dalam menginputkan data, mengakibatkan proses tahapan penanganan penyelesaian perkara menjadi terhambat dan merugikan masyarakat pencari keadilan” pesannya.

Beliau mencontohkan misalnya saja tundaan sidang, jadwal mediasi ataupun tanggal BHT.

Dengan adanya tambahan Hakim, beliau akan merasa sangat terbantu sekali dalam melakukan pembinaan dan pengawasan.

Untuk itu beliau berharap agar hakim-hakim muda ini bisa mulai membina dan mengawasi dengan mengacu pada Buku I hingga Buku IV.

Yang lebih terpenting juga adalah perubahan pola kerja yang dulunya masih manual namun sekarang sudah berbasiskan teknologi.

Sementara itu Wakil Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya yang juga Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas berharap adanya peningkatan kinerja Pengadilan Agama Sungai Raya dengan adanya tambahan hakim-hakim baru ini.

Mengacu pada penilaian kinerja triwuan yang dikeluarkan oleh Ditjen Badilag, walaupun untuk sekelas pengadilan agama baru, Pengadilan Agama Sungai Raya sudah berada diposisi yang sangat baik. Namun berdasarkan penilaian tersebut, Mawardi, S.Ag., M.H.I., optimis Pengadilan Agama Sungai Raya masih bisa meningkatkan kinerjanya.

Dilanjutkan olehnya, setelah mengikuti rapat monitoring dan evaluasi pembangunan zona integritas oleh Pengadilan Tinggi Agama Pontianak. Saatnya Pengadilan Agama Sungai Raya untuk memulai kembali melaksanakan pembangunan zona integritas.

SK tim pembangunan zona integritas sudah diperbaharui dengan masuknya para hakim-hakim baru. “SK ini adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan dan dilaksanakan dengan sebaiknya, mari kita semangati lagi dan sama-sama berkomitmen untuk membangun zona integritas dengan kerja nyata” ajaknya.

Setelah rapat ini akan ditindaklanjuti dengan rapat-rapat berikutnya untuk memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaannya. (Roni)

One thought on “Rapat Evaluasi Bulanan, Mengembalikan Semangat Pembangunan Zona Integritas di PA Sungai Raya

  • 13 May 2020 at 9:06 AM
    Permalink

    SEMANGAAATTT…. terus jaga kekompakan..!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami