Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Ketua PA Sungai Raya Pimpin Rapat Melalui Teleconference

Pada Selasa, (24/3/2020) pagi, Pengadilan Agama Sungai Raya menggelar rapat terbatas guna menyikapi Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 1 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Masa Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya.

Surat Edaran yang ditandatangani langsung oleh Ketua Mahkamah Agung M. Hatta Ali tersebut sebagai pijakan badan peradilan yang berada di bawahnya dalam mengambil langkah-langkah guna mencegah meluasnya penyebaran wabah virus yang sudah meresahkan masyarakat bahkan menimbulkan korban yang tidak sedikit.

Menurut Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya, sebelum terbitnya Surat Edaran Mahkamah Agung tersebut, sebenarnya Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya telah mengeluarkan instruksi berkenaan pencegaharan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di lingkungan Pengadilan Agama Sungai Raya.

Dengan keluarnya surat edaran ini makin menguatkan lagi instruksi Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya. Apa yang tertuang dalam surat edaran MA tersebut sudah masuk dalam poin-poin instrukti Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya.

Sekarang lanjutnya, bagaimana aturan tersebut benar-benar diimplementasikan agar kita semua termasuk keluarga dan masyarakat bisa terhindar dari bahaya virus ini.

Salah satu yang baru barangkali adalah terkait penyesuaian sistem kerja, dimana pada poin a disebutkan bahwa Hakim dan Aparatur Peradilan dapat menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah/ tempat tinggal atau yang dikenal dengan istilah (Work From Home).

Jadi menurutnya bekerja dari rumah itu bukan berarti bahwa Hakim atau Aparatur Peradilan diberikan libur, namun bekerjanya yang berpindah dari kantor ke rumah.

Namun begitu tidak semua Hakim dan pegawai bisa bekerja di rumah dalam satu waktu. Kemarin katanya, Pimpinan Pengadilan Agama Sungai Raya sudah melakukan rapat dan hasilnya akan dibuatkan penjadwalan kerja bagi Hakim dan pegawai Pengadilan Agama Sungai Raya.

Yang mendapat giliran bekerja dirumah, diingatkan olehnya untuk tetap bekerja. Hasil pekerjaan harus diinput ke dalam aplikasi LLK SIMARI seperti biasanya dan akan diverifikasi oleh atasan langsung.

Rapat kali ini lain dari biasanya, Pengadilan Agama Sungai Raya memanfaatkan teknologi informasi dengan menggunakan aplikasi teleconference sebagaimana edaran yang dibuat oleh Mahkamah Agung RI.

Tidak hanya pegawai yang posisinya tengah berada dikantor saja yang ikut dalam rapat kali ini. Pegawai yang sedang menjalani cuti tahunan dan cuti sakit juga ikut mendengarkan pengarahan dari Ketuanya.

Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya berterima kasih kepada seluruh pegawai yang ikut dan turut menyukseskan dalam rapat ini. “Kita sama-sama berdoa agar kita semua dijauhkan dari segala macam penyakit dan tetap diberikan kesehatan” katanya. (Roni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *