PA Sungai Raya Adakan DDTK e-Court dan e-Litigasi Menyongsong Diberlakukannya PERMA 1 Tahun 2019

Mahkamah Agung RI akhir-akhir ini gencar mendengung-dengungkan Peraturan Mahkamah Agung RI nomor 1 tahun 2019 tentang administrasi perkara secara elektronik.

Melalui Badan Peradilan Agama MA RI lewat surat edaran yang dipublish pada situs resminya, Pengadilan Agama diminta untuk cepat merespon terhadap program kebijakan tersebut dengan memberikan batas waktu kepada Pengadilan Agama untuk dapat melaksanakan administrasi perkara secara elektronik (e-court) termasuk pelaksanaan persidangan secara elektronik (e-litigasi).

Hal itu yang mendasari Pengadilan Agama Sungai Raya mengadakan DDTK aplikasi e-court bagi seluruh aparatur Pengadilan Agama Sungai Raya khususnya Hakim, Kepaniteraan, Jurusita/Juruista Pengganti dan Petugas PTSP, Kamis, (12/12/2019) pagi.

Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya yang memberikan arahan mengatakan dengan adanya surat edaran dari Badilag, mau tidak mau seluruh aparatur Pengadilan Agama Sungai Raya yang terlibat sebagai user pengguna aplikasi e-court harus mengerti dan paham alur kerja dari aplikasi e-court ini.

“Bagaimana mau melaksanakan edaran, kalau usernya aja tidak paham dan mengerti cara mengoperasikannya” katanya.

Dilanjutkan olehnya diharapkan DDTK hari ini harus tuntas sehingga seluruh tahapan yang ada di e-court bisa tersampaikan dan aparatur Pengadilan Agama Sungai Raya siap untuk mengimplementasikannya.

Sebagai pendamping dalam DDTK ini, Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan, Roni Kurniawan, S.Kom yang memandu step by step penggunaan aplikasi e-court mulai dari proses register yang dilakukan oleh Pengguna Terdaftar maupun Pengguna Lain, memberikan nomor pendaftaran, mencetak dokumen, melaksanakan pemanggilan atau pemberitahuan isi putusan secara eletronik, proses persidangan secara elektronik hingga pada mengupload salinan putusan.

Walaupun dengan keterbatasan tidak adanya proyektor, seluruh pegawai yang ikut dalam DDTK ini antusias dengan membawa laptop masing-masing sehingga mereka bisa langsung mempraktekkannya sesuai panduan yang ada. (Roni)

One thought on “PA Sungai Raya Adakan DDTK e-Court dan e-Litigasi Menyongsong Diberlakukannya PERMA 1 Tahun 2019

  • 13 December 2019 at 10:39 AM
    Permalink

    mantap…. kompak selalu…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *