Lewat Teleconference, Ditjen Badilag Ajak PA Sungai Raya Terapkan 9 Aplikasi dan e-Litigasi

Senin, (25/11/2019) siang, lewat Direktur Pembinaan Administrasi Perkara (Dirbinadpa) Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H., sidak ini berkenaan dengan penerapan 9 aplikasi inovasi pelayanan Badilag dan implementasi e-Litigasi di Pengadilan Agama Sungai Raya.

Menurut wanita yang baru sebulan ini dilantik, Ditjen Badilag sangat mengharapkan kepada Pengadilan Agama untuk dapat sesegera mungkin menerapkan e-Litigasi.

Dirinya tahu Pengadilan Agama Sungai Raya termasuk banyak perkara yang masuk akan tetapi sangat disayangkan kalau hingga saat ini tidak lebih dari 12 perkara yang mendaftar secara e-court dan belum pernah dilaksanakan secara e-Litigasi.

“Mulai hari ini, saya tidak mau lagi dengar Pengadilan Agama Sungai Raya belum menerapkan e-Litigasi. Saya berharap e-Litigasi ini bisa secepatnya ada di Pengadilan Agama Sungai Raya, karena itu Kota” harapnya.

Jika perlu menurut Nur Djannah Syaf, apabila ibu Ketuanya bersidang, Wakil Ketuanya yang berada di Meja Pelayanan untuk membantu mempromosikan e-court dan e-Litigasi.

Sementara itu Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya menjawab belum adanya proses beracara secara e-Litigasi dikarenakan sebagian besar perkara e-court diputus dengan verstek dan yang lainnya pihak Tergugat/Termohon tidak bersedia beracara dilakukan dengan e-Litigasi setelah diinformasikan dalam persidangan.

Namun dalam kesempatan itu, baik empat pilar dan seluruh aparatur Pengadilan Agama Sungai Raya menyatakan kesiapannya akan terus mensosialisasi program Ditjen Badilag baik 9 aplikasi inovasi pelayanan Badilag dan implementasi e-Litigasi.

Sedangkan Kasubdit Bimbingan dan Monitoring Ditjen Badilag Sutarno S.I.P., M.M. meminta kepada admin untuk memperlihatkan aplikasi yang telah diinstal di satuan kerja diantaranya, aplikasi antrian sidang online, aplikasi SMS Notifikasi Perkara dan aplikasi e-keuangan.

Teleconference ini berlangsung selama 30 menit yang mengambil tempat di ruang Sidang Pengadilan Agama Sungai Raya. (Roni)

Hits: 135

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook
Twitter
YouTube
Instagram
× ARWANA Chat