Rapat Evaluasi Bulanan, KPA : Berikan Pelayanan Yang Cepat dan Tuntas

Pada Jum’at (4/10/2019) siang, Pengadilan Agama Sungai Raya melaksanakan rapat evaluasi bulanan. Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya tersebut mengambil tempat di ruang Sidang.

Dalam rapat evaluasi kali ini, Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya, Hj. Izzatun Tiyas Rohmatin, S.H.I., S.H. kembali menekankan kepada penanggungjawab pelayanan, yakni Panitera Muda untuk lebih berhati-hati dalam memberikan pelayanan khususnya waktu layanan.

Menurut Izza, jangan sampai pada waktu jam operasional layanan, petugas tidak berada di meja pelayanan dan membiarkan masyarakat menunggu tanpa ada kepastian.

“Di depan pintu telah tertera jam layanan, jangan sampe karena masyarakat lama menunggu petugas layanan yang masih belum standby di meja pelayanan, membuat mereka menggunakan handphone dan menyebarkannya ke media sosial”, tegasnya.

Begitupun apabila belum waktunya jam melayani jangan dilayani terlebih dahulu, gunakanlah waktu tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan yang lain.

Lebih lanjut, Izza juga menekankan kepada petugas pelayanan untuk memberikan layanan secara cepat dan tuntas. Cepat artinya tidak bertele-tele dalam memberikan penjelasan dan tidak membantu pihak untuk membuatkan gugatan atau permohonan.

Izza juga mengingatkan kepada pegawai Pengadilan Agama Sungai Raya untuk tidak menerima tamu berperkara di ruangan kerja, cukup sampai di ruang pelayanan saja.

“Itulah gunanya PTSP, supaya pihak dan aparatur pengadilan tidak berinterkasi secara langsung atau masuk ke ruang kerja” katanya.

Selain itu masih ada beberapa catatan yang menjadi perhatian dari seluruh pegawai Pengadilan Agama Sungai Raya diantaranya :
– Pihak yang akan mengambil produk pengadilan harus dicek indentitasnya, diminta KTP atau kalau menguasakan kepada orang lain harus menunjukkan surat kuasa bermeterai;
– Pengambilan salinan putusan/penetapan, dokumen harus difotokopi dari berkas perkara langsung.
– Data saksi harus diisi untuk memudahkan dalam pembuatan berita acara
– Menginput data pada SIPP harus dipastikan data yang diinput itu valid
– Dengan adanya mesin fotokopi, program Arsip Digital berkas perkara sudah harus dicicil pengerjaannya dengan sudah ditunjuk Admin.
– Laporan Hatiwasbid Triwulan III sudah harus dibuat dan dilaporkan ke Pengadilan Tk Banding
– Sebagai bagian dari pelayanan, ketersediaan air minum dan permen bagi pihak juga harus diperhatikan, jangan sampai yang ada di tempat permen hanya tinggal bungkusnya.

(Roni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *