Penyusunan Anggaran Tahun 2020, Hakim Dapat Fasilitas Sewa Rumah Dinas dan Transportasi

Bentuk transparansi dalam penyusunan anggaran, Sekretaris dihadapan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Sungai Raya memaparkan matriks pagu Rencana Kerja Anggaran (RKA-K/L) TA. 2020 di ruang Sidang pada Rabu, (12/09/2019) siang.

Menurut Sekretaris, Galih Triatmojo, S.E., pada tahun depan, Pengadilan Agama Sungai Raya mendapatkan tambahan kenaikan anggaran yang sangat signifikan. Tambahan anggaran tersebut lanjutnya terdiri dari :
penambahan anggaran untuk operasional Hakim antara lain sewa rumah dinas Hakim dan transportasi Hakim;
penambahan anggaran biaya sewa gedung kantor;
penambahan anggaran biaya perjalanan dinas untuk Rakernas.

Khusus anggaran transportasi Hakim, hingga rapat ini berlangsung belum ada kejelasan terkait perhitungan biayanya atau standar biaya masukan lainnya yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung RI. Sedangkan rencana gedung kantor, sudah dilakukan servei ke beberapa tempat di jalan protokol Arteri Supadio dan sekarang tengah lagi proses negosiasi harga.

“Secara lokasi dan desain ruangan, ruko yang kita lihat sangat layak namun sekarang lagi tengah proses negosiasi harga menyesuaikan dengan pagu yang dialokasikan dalam RKA-K/L tahun depan” jelasnya.

Sementara itu Kasubag Perencanaan, menyampaikan bahwa untuk usulan RKA yang telah disusun belum tampak anggaran belanja modal. Biasanya belanja modal menyesuaikan dengan program prioritas di Mahkamah Agung dan sudah dialokasikan peruntukkannya bagi masing-masing satker.

Namun lanjutnya tidak ada salahnya dalam rapat kali ini disusun rencana prioritas dari belanja modal, agar apabila sewaktu-waktu diminta usulan belanja modal, Pengadilan Agama Sungai Raya telah punya daftar yang diprioritaskan.

Sesuai surat Sekretaris Mahkamah Agung, pada tanggal 16 – 20 September 2019 akan dilakukan penelaahan dan reviu terhadap RKA-K/L Pagu anggaran Tahun 2020 di Jakarta. Penelaaahan ini akan dilaksanakan oleh Biro Perencanaan dan Organisasi MA dan Badan Pengawasan (Bawas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *