1 Juli 2019, e-Court PA Sungai Raya Pecah Telur

Tanggal 1 Juli 2019 tercatat sebagai sejarah bagi Pengadilan Agama Sungai Raya. Dimana pada tanggal tersebut, Pengadilan Agama Sungai Raya telah menerima perkara yang masuk melalui e-Court, hanya selang beberapa hari dari dikeluarkannya Surat Dirjen Badan Peradilan Agama Nomor 3061/DJA/HM.00/VI/2019 tentang implementasi penggunaan e-Court di Pengadilan Agama.

Perkara e-Court yang masuk tersebut telah didaftarkan dan teregistrasi dengan nomor perkara 364/Pdt.G/2019/PA.Sry, atas nama Kuasa Hukum Penggugat Amir Syarifuddin, S.H. dengan jenis perkara Harta Bersama.

Walaupun jumlah perkara yang masuk di Pengadilan Agama Sungai Raya masih sangat sedikit yang menggunakan jasa Advokat/Pengacara, namun Pengadilan Agama Sungai Raya akan terus mensosialisasikan dan menghimbau baik kepada organisasi profesinya maupun secara pribadi Advokat/Pengacara yang sudah pernah beracara di Pengadilan Agama Sungai Raya.

Pertengahan tahun ini, Pengadilan Agama Sungai Raya mendapatkan tambahan anggaran untuk mendukung pelaksanaan e-Court berupa Langganan Internet dan Belanja Modal.

E-court merupakan aplikasi pendaftaran perkara secara online yang sementara ini khusus diberlakukan bagi Advokat/Pengacara yang telah terdaftar sebagai pengguna e-court.

Sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik di Pengadilan, selain bisa melakukan pendaftaran secara online, nantinya proses e-Court juga dapat melakukan pembayaran panjar biaya perkara, panggilan sidang dan pengiriman dokumen yang terkait proses beracara secara elektronik. (Roni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *